Senin, 25 Agustus 2025

LKPD MENYUNTING TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

 

SATU

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

KELOMPOK

Kelas: X-6

Nama Kelompok:

1.                                                                               11.                                        

2                                                                                12.

3.                                                                              13.

4.                                                                               14.

5.                                                                               15.

6.

7.

8.

9.

10.

 

Bagian 1: Memahami Kembali Konsep LHO

Membaca Kembali Materi Sebelumnya

 

 

 

Bacalah atau dengarkan materi berikut sebagai penguatan dalam melakukan proses menyunting! Peserta didik boleh memilih materi visual atau audiovisual di bawah ini!

 

Scan barcode ini jika ingin mengakses materi visual teks LHO.

Konsep LHO

 

 

 

Ejaan dan Tanda Baca

 

Scan barcode ini jika ingin mengakses materi Audio-Visual teks LHO.

Konsep LHO

Ejaan dan Tanda Baca

Bagian 2: Mengaplikasikan

Cacing Gelang: Parasit kecil dengan dampak besar

cacing gelang ascaris lumbricoides adalah salah satu jenis cacing parasit yang banyak di temukan di daerah beriklim tropis, termasuk indonesia? cacing ini idup diusus manusia dan bisa menimbulkan penyakit kecacingan, terutama pada anak anak yang tidak menjaga kebersihan.

Meskipun dikenal sebagai parasit penyebab sakit, cacing gelang dimanfaatin untuk penelitian medis dan sebagai bahan makanan dengan protein tinggi. Peneliti mempelajari imun manusia melalui reaksi infeksi cacing. Keberadaannya juga jadi indikator sanitasi lingkungan, hal ini karena penyebaran sangat dipengaruhi kebersihan air, tanah.

Tubuh cacing gelang berbentuk silindris panjang dengan ukuran rata2 15-35 cm. warna tubuh pucat kekuningan dan dilapisi kutikula kuat sehingga tahan cairan pencernaan manusia. cacing gelang berkembang biak bertelur. Telur keluar bersama kotoran, kemudian mencemari tanah, air, makanan: Bila telur masuk ketubuh manusia melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi maka larva menetas dan jadi cacing dewasa diusus.

 

Pertanyaan untuk Penyuntingan:

1.      Penulisan Judul:

 

 

 

 

 

2.      Struktur sudah sesuai dan Informasi sudah jelas:

 

 

 

 

 

 

3.      Informasi sudah valid dan sesuai fakta:

 

 

 

 

 

4.      Ejaan sesuai Eyd/PUEBI: (Huruf Kapital, Kata Berimbuhan, Penulisan istilah asing)

 

 

 

 

 

 

5.      Kata Baku dan Tidak Baku: (Sesuai KBBI)

 

 

 

 

 

6.      Tanda Baca: (Koma. Titik. Tanda kueung, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru)

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Perbaikan:

1. Visual

  • Tugas: Membuat bagan atau diagram yang menunjukkan kesalahan dalam teks.
  • Petunjuk: Buat bagan yang membedakan jenis kesalahan dan lokasi kesalahan di teks.

2. Auditori

  • Tugas: Membuat video pendek yang menjelaskan kesalahan dalam teks dan cara memperbaikinya.
  • Petunjuk: Durasi video: 2–3 menit. Bisa menggunakan ponsel.

3. Kinestetik

  • Tugas: Menandai kesalahan dan mengomentari kesalahan penulisan di papan tulis.

Petunjuk: Setiap siswa bergiliran maju ke depan kelas.

 

 

 

 

DUA                                                                                                                   

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

KELOMPOK

Kelas: X-6

Nama Kelompok:

1.                                                                 11.                                                

2                                                                  12.

3.                                                                 13.

4.                                                                 14.

5.                                                                 15.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

Bagian 1: Memahami Kembali Konsep LHO

Membaca Kembali Materi Sebelumnya

 

 

 

Bacalah atau dengarkan materi berikut sebagai penguatan dalam melakukan proses menyunting! Peserta didik boleh memilih materi visual atau audiovisual di bawah ini!

 

Scan barcode ini jika ingin mengakses materi visual teks LHO.

Konsep LHO

 

 

 

Ejaan dan Tanda Baca

 

Scan barcode ini jika ingin mengakses materi Audio-Visual teks LHO.

Konsep LHO

Ejaan dan Tanda Baca

Bagian 2: Mengaplikasikan

Lactobacillus acidophilus: bakteri baik penjaga pencernaan

Secara morfologis, Lactobacillus acidophilus berbentuk batang dengan ukuran mikroskopis, hanya dapat diamati pakai mikroskop. bakteri ini Gram-positif, tidak membentuk spora, juga mampu bertahan dalam kondisi asam. Kemampuan menghasilin enzim laktase ngebuat bisa menguraikan laktosa menjadi asam laktat, sehingga bermanfaat untuk orang dengan intoleran laktosa:

lactobacillus acidophilus adalah salah satu jenis bakteri asam laktat yang hidup secara alami disaluran pencernaan manusia. bakteri ini di golongkan sebagai probiotik karena memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama menjaga keseimbangan mikroflora usus.  sering di temukan pada produk fermentasi susu misalnya yoghurt dan produk berasap seperti daging.

Habitat lactobacillus acidophilus terutama diusus halus dan paru-paru manusia karena bisa nyesuain diri dengan tingkat asam yang tinggi. bakteri ini juga ada pada produk susu fermentasi. Selain itu, bakteri ini mempunyai kemampuan kolonisasi kuat, yaitu menempel didinding usus sehingga menghambat tumbuhnya mikroorganisme berbahaya?  Dengan kemampuan tersebut bakteri ini sangat penting menjaga sistem pencernaan supaya tetap sehat.

Manfaat Lactobacillus acidophilus banyak sekali, misalnya menambah penyerapan nutrisi, menguatkan sistem imun, dan menekan pertumbuhan bakteri patogen yang bisa menimbulkan sakit. Konsumsi makanan atau minuman mengandung probiotik ini membantu kesehatan pencernaan, menurunkan resiko diare, serta memberi efek positif bagi keseimbangan mikrobiota usus. Jadi Lactobacillus acidophilus tidak hanya mikroorganisme biasa, tetapi juga sahabat penting manusia.

 

 

 

Pertanyaan untuk Penyuntingan:

1.      Penulisan Judul:

 

 

 

 

 

2.      Struktur sudah sesuai dan Informasi sudah jelas:

 

 

 

 

 

 

3.      Informasi sudah valid dan sesuai fakta:

 

 

 

 

 

4.      Ejaan sesuai Eyd/PUEBI: (Huruf Kapital, Kata Berimbuhan, Penulisan istilah asing)

 

 

 

 

 

 

5.      Kata Baku dan Tidak Baku: (Sesuai KBBI)

 

 

 

 

 

6.      Tanda Baca: (Koma. Titik. Tanda kueung, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru)

 

 

 

 

 

 

 

 

7.      Kalimat Efektif: (SPO, Terlalu panjang, mudah dipami, singkat dan jelas)

 

 

 

 

 

 

 

Petunjuk Produk Akhir:

1. Visual

  • Tugas: Membuat bagan atau diagram yang menunjukkan kesalahan dalam teks.
  • Petunjuk: Buat bagan yang membedakan jenis kesalahan dan lokasi kesalahan di teks.

2. Auditori

  • Tugas: Membuat video pendek yang menjelaskan kesalahan dalam teks dan cara memperbaikinya.
  • Petunjuk: Durasi video: 2–3 menit. Bisa menggunakan ponsel.

3. Kinestetik

  • Tugas: Menandai kesalahan dan mengomentari kesalahan penulisan di papan tulis.

Petunjuk: Setiap siswa bergiliran maju ke depan kelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tiga

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

KELOMPOK

Kelas:

Nama Kelompok:

1.                                                                 11.

2                                                                  12.

3.                                                                 13.

4.                                                                 14.

5.                                                                 15.

6.

7.

8.

9.

10.

 

Bagian 1: Memahami Kembali Konsep LHO

Membaca Kembali Materi Sebelumnya

 

 

 

Bacalah atau dengarkan materi berikut sebagai penguatan dalam melakukan proses menyunting! Peserta didik boleh memilih materi visual atau audiovisual di bawah ini!

 

Scan barcode ini jika ingin mengakses materi visual teks LHO.

Konsep LHO

 

 

 

Ejaan dan Tanda Baca

 

Scan barcode ini jika ingin mengakses materi Audio-Visual teks LHO.

Konsep LHO

Ejaan dan Tanda Baca

 

Bagian 2: Mengaplikasikan

Virus Influenza: ancaman mikroskopis bagi kesehatan manusia

Meskipun identik dengan penyakit, penelitian virus influenza ngasih manfaat besar di bidang virologi dan kesehatan masyarakat. Studi mengenai mutasi dan penyebarannya menjadi dasar pengembangan vaksin dan antivirus lebih efektif. Influenza juga menjadi model penting untuk memahami interaksi virus dan sistem kekebalan manusia. Jadi, pengkajian influenza tidak hanya penting untuk pencegahan penyakit, tetapi juga kemajuan ilmu kedokteran modern.

Virus influenza punya struktur berbentuk sferis atau filamen dengan selubung lipid yang melindungi materi genetik berupa RNA. Permukaan virus terdapat protein hemaglutinin (HA) dan neuraminidase (NA), yang sangat berperan dalam infeksi. HA menempel dan masuk ke sel inang, sedangkan NA memfasilitasi pelepasan virus baru dari sel. Keberadaan kedua protein ini jadi dasar penamaan subtipe influenza:

Secara umum, virus influenza 3 tipe utama, yaitu Influenza A, B, dan C. Influenza A paling berbahaya karena bisa menginfeksi manusia dan hewan serta nimbulin pandemi, seperti flu Spanyol 1918. Influenza B biasanya hanya menginfeksi manusia dengan penyebaran terbatas, tetapi tetap bisa memicu epidemi musiman. Influenza C lebih ringan dan jarang menimbulkan wabah besar. Perbedaan ketiga tipe mempengaruhi strategi pencegahan dan vaksinasi,

Penularan virus influenza terutama melalui droplet saat penderita batuk atau bersin, serta kontak dengan permukaan terkontaminasi. Virus ini mampu mengalami perubahan genetik melalui mutasi (antigenic drift) dan rekombinasi gen (antigenic shift). Antigenic drift menyebabkan perubahan kecil yang membuat vaksin tahunan harus diperbarui. Antigenic shift dapat menimbulkan strain baru yang berpotensi memicu pandemi global?

 

adalah salah satu virus yang nyerang saluran pernapasan manusia dan hewan, dan tumbuhan dengan tingkat penularan sangat tinggi. Virus ini termasuk famili orthomyxoviridae dan bisa bermutasi cepat sehingga menyulitkan pencegahan dan penanggulangan. Gejala yang muncul bermacam-macam mulai dari gatal-gatal, demam, batuk, hingga komplikasi berat pada kelompok rentan seperti lansia dan anak anak.

 

Pertanyaan untuk Penyuntingan:

1.      Penulisan Judul:

 

 

 

 

 

2.      Struktur sudah sesuai dan Informasi sudah jelas:

 

 

 

 

 

 

3.      Informasi sudah valid dan sesuai fakta:

 

 

 

 

 

4.      Ejaan sesuai Eyd/PUEBI: (Huruf Kapital, Kata Berimbuhan, Penulisan istilah asing)

 

 

 

 

 

 

5.      Kata Baku dan Tidak Baku: (Sesuai KBBI)

 

 

 

 

 

6.      Tanda Baca: (Koma. Titik. Tanda kueung, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru)

 

 

 

 

 

 

7.      Kalimat Efektif: (SPO, Terlalu panjang, mudah dipami, singkat dan jelas)

 

 

 

 

8.      Alur paragraf

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Perbaikan:

1. Visual

  • Tugas: Membuat bagan atau diagram yang menunjukkan kesalahan dalam teks.
  • Petunjuk: Buat bagan yang membedakan jenis kesalahan dan lokasi kesalahan di teks.

2. Auditori

  • Tugas: Membuat video pendek yang menjelaskan kesalahan dalam teks dan cara memperbaikinya.
  • Petunjuk: Durasi video: 2–3 menit. Bisa menggunakan ponsel.

3. Kinestetik

  • Tugas: Menandai kesalahan dan mengomentari kesalahan penulisan di papan tulis.

Petunjuk: Setiap siswa bergiliran maju ke depan kelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar