LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD)
Mata Pelajaran: Seni Budaya
Materi: Makna, Simbol, dan Nilai Estetis Tari Jaipong
Kelas: XI
Tujuan Pembelajaran:
- Peserta didik mampu menjelaskan makna Tari Jaipong.
- Peserta didik mampu mengidentifikasi simbol dalam Tari Jaipong.
- Peserta didik mampu menganalisis nilai estetis Tari Jaipong.
A. Pendahuluan
Tari Jaipong merupakan tarian tradisional khas Jawa Barat yang berkembang dari kesenian rakyat. Tarian ini memiliki gerakan dinamis, ekspresif, dan penuh energi. Dalam tarian ini terdapat makna, simbol, dan nilai estetis yang mencerminkan budaya masyarakat Sunda.
B. Kegiatan Pembelajaran
1. Eksplorasi Makna Tari Jaipong
Tugas:
a. Tontolah Tari Jaipong di YouTube! Tulis sumber yang kamu tonton!
b. Tuliskan kesanmu saat melihat tarian tersebut! Apa yang paling menarik dari Tarian tersebut!
c. Jelaskan makna Tari Jaipong bukalah referensi di Hpmu!
2. Identifikasi Simbol dalam Tari Jaipong
Unsur Simbol Makna
Gerakan Gerakan tangan yang gemulai Gerakan Ketukan kaki yang cepat dan lincah Kostum Warna cerah pada kebaya Kostum Sinjang (kain batik khas Sunda) Musik Pengiring Kendang Jaipong yang dominan
3. Analisis Nilai Estetis Tari Jaipong
- Keindahan Gerakan:
- Ekspresi Wajah:
- Harmoni Musik dan Gerakan:
C. Refleksi
- Apa yang kamu pelajari dari Tari Jaipong?
- Bagaimana Tari Jaipong mencerminkan budaya masyarakat Sunda?
- Apakah Tari Jaipong masih relevan dengan perkembangan seni tari saat ini? Jelaskan!
D. Penutup
Tari Jaipong tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga memiliki makna mendalam, simbol budaya, dan nilai estetis yang memperkaya seni tari Indonesia. Dengan memahami Tari Jaipong, kita dapat lebih menghargai warisan budaya bangsa.
Rubrik Penilaian
Aspek | Kriteria Penilaian | Skor Maksimal |
---|---|---|
Makna Tari Jaipong | Menjelaskan dengan jelas dan tepat | 20 |
Simbol dalam Tari Jaipong | Mengidentifikasi dan menjelaskan makna simbol dengan benar | 30 |
Nilai Estetis | Menganalisis nilai estetis dengan baik | 30 |
Refleksi | Memberikan jawaban reflektif yang mendalam | 20 |
Total | 100 |
Guru Pembimbing:
(Nama Guru): Aida Anwariyatul Fuadah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar