Selasa, 01 Oktober 2024

LKPD Teks Anekdot


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: X / 1
Materi: Teks Anekdot
Topik: Menganalisis Formulasi Humor pada Teks Anekdot

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengerjakan LKPD ini, peserta didik diharapkan dapat:
1. Mengidentifikasi jenis-jenis formula humor dalam teks anekdot.
2. Menganalisis plot twist yang terdapat dalam teks anekdot.
3. Menulis teks anekdot dengan menggunakan formula humor dan plot twist yang tepat.



B. Materi Singkat
1. Teks Anekdot adalah teks yang berisi cerita singkat dan lucu yang mengandung kritikan, sindiran, atau pesan tertentu.
2. Formula Humor dalam teks anekdot dapat berupa:
Ironi: Humor yang timbul dari kontras antara harapan dan kenyataan.
Inkongruensi: Humor yang timbul dari ketidaksesuaian antara dua hal yang berbeda.
Permainan kata: Humor yang timbul dari pemanfaatan kata-kata yang memiliki makna ganda atau permainan bunyi.
Eksagerasi: Humor yang timbul dari melebih-lebihkan kenyataan.
3. Plot Twist adalah perubahan atau kejutan tak terduga dalam alur cerita yang membuat pembaca atau pendengar merasa terkejut

C. Tugas dan Langkah Kerja

Tugas 1: Mengidentifikasi Formula Humor pada Teks Anekdot
Bacalah anekdot di bawah ini dengan cermat, lalu jawab pertanyaan yang tersedia!

Teks Anekdot:
Kue Ulang Tahun

Seorang anak kecil meminta kue ulang tahun yang sangat besar pada ibunya.

Anak: “Bu, aku mau kue yang besar sekali!”

Ibu: “Kenapa harus besar? Bukannya kamu tidak kuat makan banyak?”

Anak: “Iya, Bu. Tapi aku mau temanku yang suka bilang aku pelit bisa makan banyak biar dia kenyang sekali dan gak bilang aku pelit lagi.”

Ibu (bingung): “Jadi, kamu mau kue besar buat mereka?”

Anak: “Iya, Bu. Biar mereka tahu rasanya pelit itu tidak enak!”
(Ibu hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala.)

Pertanyaan:

1. Apa formula humor yang digunakan dalam anekdot di atas? Jelaskan!
2. Bagian mana yang menunjukkan plot twist? Bagaimana plot twist tersebut mempengaruhi cerita?

Tugas 2: Menganalisis Formula Humor dan Plot Twist dalam Teks Anekdot
Analisislah teks anekdot di bawah ini dengan menentukan formula humor yang digunakan dan plot twist yang terdapat di dalamnya!

Teks Anekdot:
Siapa yang Pintar?

Seorang guru bertanya kepada murid-muridnya tentang siapa yang merasa dirinya pintar.

Guru: “Siapa di sini yang merasa dirinya pintar, coba angkat tangan!”

Semua murid tetap duduk diam, kecuali satu murid yang mengangkat tangannya.

Guru (senang): “Oh, kamu ya yang merasa pintar?”

Murid: “Tidak, Bu. Saya cuma kasihan melihat Ibu berdiri sendiri!”

(Seluruh kelas pun tertawa.)

Pertanyaan:

1. Apa formula humor yang digunakan dalam anekdot ini?
2. Di bagian mana plot twist terjadi?
3. Apa dampak plot twist tersebut terhadap humor dalam cerita?

Tugas 3: Menulis Teks Anekdot
Buatlah teks anekdot dengan tema "Kejadian Lucu di Sekolah" yang memuat:

1. Formula Humor: Pilih salah satu dari ironi, inkongruensi, permainan kata, atau eksagerasi.

2. Plot Twist: Buatlah perubahan alur cerita yang mengejutkan dan lucu di bagian akhir.

Tuliskan anekdotmu di bawah ini!

D. Refleksi

Setelah mengerjakan tugas-tugas di atas, jawablah pertanyaan berikut:

1. Apa saja kesulitan yang kamu hadapi saat menganalisis formula humor dan plot twist?

2. Bagaimana caramu mengatasi kesulitan tersebut?
3. Ceritakan hal menarik yang kamu temukan dalam proses menulis teks anekdot! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar